Menghitung Umur dengan Database MySQL

Pada kesempatan kali, saya ingin share ilmu tentang querry database mysql. query ini mungkin jarang sekali digunakan, namun cukup menjadi poin penting, biasanya digunakan untuk laporan laporan atau melihat data pribadi karyawan atau personal seseorang. oke langsung saja.

pertama-tama kita membuat tablenya, kemudian kita inputan kan beberapa data.

setelah kita membuat dan memasukkan data kedalam table, kita coba untuk menampilkan data yang ada selisih umurnya yang dihitung dari tahun sekarang, dan tanggal sekarang. di sql ada printah atau fungsi bawaan dari sistem sql itu sendiri. yaitu timestamp dan currdate(). kita bisa menggunakan perintah itu untuk menampilkan hasil umur apabila yang kita punya hanya tanggal lahir. querrynya adalah.

select nama, tgl_lhr, timestampdiff(year, tgl_lhr, curdate()) as umur from customer;

kita fokus di perintah timestampdiff(year, tgl_lhr, curdate()). ini merupakan printah untuk menghitung selisih tahun dari tahun sekarang (berdasarkan sistem komputer, dengan data tgl_lhr yang kita inputkan, dan tanggal terkini atau saat ini.

ilmu yang kedua adalah, bagaimana kita mengetahui jumlah orang yang umurnya diatas 21 tahun dan dibawah 21 tahun. untuk hal tersebut kita bisa menggunakan subquery dan perintah count if.

select count(if(umur < 21,1,null)) as ‘<21′, count(if(umur between 21 and 29,1,null)) as ’21-29’ from(select nama, tgl_lhr, timestampdiff(year, tgl_lhr, curdate()) as umur from customer) as dummy_table;

jadi langkah yang pertama adalah kita menghitung dulu, berapa banyak umur yang kurang dari 21 tahun, dan berapa banyak umur diantara 21 tahun dan 29 tahun. kemudian kita lakukan subquery dan menggabungkan printah timestampdiff yang tadi kita query diawal. catatan untuk alisan table dummy itu harus, karena apabila kita tidak gunakan maka query tidak bisa dijalan kan atau error.

semoga post kali ini bisa membantu dan bermanfaat.

Leave a comment