NEW MEDIA

PENJELASAN NEW MEDIA

 

New media terdiri dari dua kata new yang berarti baru dan media yang berarti perantara. Jadi new media adalah sarana perantara yang baru. Baru dalam arti disini dilihat dari segi waktu, manfaat, produksi, dan distribusinya. New media juga dapat disebut sebuah istilah yang dimaksudkan untuk mencakup kemunuculan digital, komputer, atau jaringan teknologi informasi dan komunikasi diakhir abad ke-20. Sebagian besar teknologi yang digambarkan sebagai ”media baru” adalah digital, sering kali memiliki karakteristik dapat dimanipulasi, bersifat jaringan, padat, interaktif dan tidak memihak. Beberapa contoh dari new media adalah: internet, website, komputer, game komputer, CD ROMS, dan DVD. Adapun pengertian lain dari new media yaitu: sebuah wadah dari perkembangan dari ilmu teknologi yang secara tidak langsung telah mepengaruhi budaya dan pendidikan di negara kita. Jika kita melihat jaman dahulu, manusia belum menggunakan elektronik dan tidak ada yang bersifat instan jadi manusia harus berusaha untuk memuaskan dirinya sendiri.

Contoh aplikasi dari new media seperti: facebook, twitter, youtube, email, dan blog.

Facebook adalah sosial network yang diciptakan oleh seseorang mahasiswa dari Harvard pada tahun 2006 yang bernama Mark Zuckerberg. Banyak fitur-fitur yang ditampilkan diantaranya notes, wall, aplikasi itunes, dan video. Facebook adalah  sarana untuk saling berkomunikasi dalam kehidupan sehari-hari dengan menggunakan internet. Facebook ini banyak digunakan karena mempunyai kelebihan seperti permainan kecil didalam facebook, kita juga menampilkan foto, video, dan hal-hal yang privasi pada penggunanya sendiri dalam facebook juga bisa membuat status dan menambahkan pertemanan walaupun berada pada wilayah yang saling berjauhan selain itu facebook juga bisa membuat untuk berinteraksi walaupun tidan menggunakan voicemail tapi itu sudah cukup untuk aplikasi yang banyak digunakan pada orang banyak diseluruh dunia. Facebook telah berkembang dengan perubahan-perubahan yang lebih menarik contohnya adalah skype, facebook telah dilengkapi skype, skype adalah sarana untuk berkomunikasi tatap wajah dengan menggunakan webcame sehingga para pengguna facebook bisa kenal lebih dekat antara satu sama lain.

Twitter adalah sebuah situs web yang dimiliki dan dioperasi oleh Twitter Inc., yang menawarkan jaringan sosial yang beruba mikroblog sehingga memungkinkan penggunannya untuk mengirim membaca pesan yang disebut kicauan yang disebut tweets. Twitter berawal dari sebuah diskusi yang diselenggarakan oleh anggota dewan dari Podcasting perusahaan Odeo. Kicauan adalah teks tulisan hingga 140 karakter yang ditampilkan pada halaman profil pengguna. Pengguna dapat melihat kicauan penulis lain yang dikenal sebutan pengikut atau yang sering kita kenal dengan “followers”.

Youtube adalah sebuah situs web video sharing populer yang didirikan February 2005 oleh mantan karywan PAYPAL yang bernama Chad Hurley, Stven Chen dan Jawet Karin. Para pengguna dapat memuat, mengupload dan menonton video-video secara gratis. Format yang digunakan video di youtube adalah .flv yang dapat diputar dipenjelajah web yang memiliki plugin flash player. Youtube sangat dkenal diberbagai dunia karena ketenarannya itulah banyak orang didunia ini memasukkan berbagai macam video, video yang dimasukkan kedalam youtube tidak hanya video untuk kesenangan semata tapi juga dapat digunakan sebagai penyebaran ilmu pengetahuan.

Blog adalah web yang bermanfaat untuk menshare tulisan seperti karya tulis, cerpen, informasi dan lain-lain. Situs ini dapat diakses semua orang, biasanya orang menulis didalam blog bercerita tentang kehidupan sehari-harinya atau masalah yang sedang dialaminya saat itu sehingga apabila kita membuat blog semenarik mungkin banyak orang yang akan mengunjungi blog anda dan apabila blog anda sering banyak dikunjungi maka blog anda akan digunakan oleh orang lain dan bisa menjadi sarana mencari informasi bahkan ketenaran. Biasanya orang suka menaruh iklan didalam blog yang suka dikunjungi, oleh karena itu blog banyak digunakan oleh orang banyak.

Email adalah sebuah surat kabar elektonik yang mempunyai fungsi mengirim atau menerima pesan ataupun gambar melalui internet baik pengguna komputer mereka diharuskan untuk online secara bersamaan, mereka perlu hubungkan hanya sebentar biasanya untuk server email selama yang dibutuhkan untuk mengirim atau menerima pesan.

Facebook, twitter, email dan blog adalah suatu aplikasi new media yang berkesinambungan dalam social media dan biasa digunakan untuk sosialisasi dengan orang orang yang berada wilayah jauh, saya juga akan menambahkan new media di bidang teknologi yang fungsinya sangat memukau yaitu “google glass”.

Google glass adalah kacamata canggih google yang dikembangkan dengan nama sandy project glass, sebelumnya google glass dikenal dengan sebutan project glass. Google glass memiliki kemampuan dan fitur inovatif seperti merekam video, memantau cuaca, mengakses google map, mengambil gambar, sosial media dan kemampuan lain yang disumbangkan oleh beberapa layanan google. Berikut ini spesifikasi dari google glass yang telah dirilis:

  1. SoC (System on Chip) belum diketahui, beberapa sumber menyebutkan menggunakan chip set dari texas instrument, OMAP4.
  2. Display dengan resolusi tampilan 640 x 360 pixel diklaim setara dengan layar definisi tinggi berukuran 25inch yang dilihat dari jarak 8 kaki.
  3. Kamera dengan kemampuan resolusi deangan 5 megapixel mampu  untuk merekam video HD 720p.
  4. Sisi audio menggunakan teknologi Bone Conduction Transducer.
  5. Dilengkapi dengan konektivitas Wifi dan bluetooth
  6. Memory internal berkapasitas 16gb dengan ruang kosong 12gb dilengkapi port micro usb compitble dengan android 4.0.3 atau lebih baru dengan aplikasi my glass.
  7. Kapasitas batre tidak diketahui, diklaim mampu digunakan seharian penuh hanya sekali charge.

Google glass adalah new media yang memiliki teknologi yang sangat canggih karena google glass mempunyai komponen-komponen penting yang hanya ditempatkan pada sebuah ruang yang kecil yang membuat google glass menjadi fleksibel,efisien dan praktis digunakan.

Augmented Reality(AR)

Augmented Reality adalah teknologi yang menggabungkan benda maya 2dimensi dan ataupun 3dimensi kedalam sebuah lingkungan nyata 3dimensi lalu memproyeksikan benda-benda maya tersebut dalam waktunya.atau dalam pengertian lain, menggabungkan objek virtual pada lingkungan nyata.prinsip umum pada augmented reality bersifat interaktif,immersion,realtime dan objek virtual biasanya berbentuk 3dimensi.kelebihan-kelebihan yang terdapat pada augmented reality antara lain:

  1. Pengembangannya yang lebih mudah dan murah,sehingga dapat tersebar secara cepat di berbagai bidang
  2. Dapat di implementasikan secara luas diberbagai media.
  3. Sebagai aplikasi didalam smartphone,dalam bingkisan sebuah produk bahkan media cetak seperti buku majalah atau koran.

Proses kerja augmented reality yang saya ketahui adalah dia akan merekam apa yang menjadi objek kemudian dia akan menampilkan objek maya tersebut menjadi kedalam virtual dimensi dalam lingkungan nyata,augmented reality ini adalah teknologi yang cukup canggih karena bisa menampilkan objek maya menjadi nyata.

 Dari pernyataan diatas kita dapat menemukan manfaat dari new media, antara lain:

  1. Arus infromasi yang dapat dengan mudah dan cepat diakses dimana saja dan kapan saja
  2. Sebagai media transaksi jual beli
  3. Sebagai media hiburan contohnya game online, jejaring sosial, streeming video dan lain-lain
  4. Sebagai media komunikasi yang efisien. Kita dapat berkomunikasi dengan orang yang berada jauh sekalipun, bahkan bisa bertatap muka dengan video converence
  5. Sarana pendidikan lebih mudah dan praktis karena adanya buku digital.

Selain ada manfaatnya ada juga dampak buruknya. Dampak buruknya antara lain:

  1. Terbukannya informasi menimbulkan kemungkinan pencurian data pribadi. Hal ini biasa dilakukan oleh hacker dengan tujuan-tujuan tertentu
  2. Virus, terbukanya arus informasi dan komunikasi juga dapat membawa virus yang berkedok aplkasi dengan mudah menyebar
  3. Rasa ketagihan yang berlebihan, pada saat bermain game online atau jejaring sosial.

Jadi kesimpulannya adalah seharusnya perkembangan new media juga diikuti dengan kebijakan orang yang memanfaatkannya.

Sekian penjelasan yang dapat saya sampaikan, apabila ada kesalahaan dan kekurangan mohon dimaafkan.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

DAFTAR  PUSTAKA

http://hakkajiten.wordpress.com/internet-dan-new-media/pengertian-new-media/

http://fajarcihuyy.blogspot.com/2011/09/konsep-dasar-new-media-dan-contoh.html?m=1

http://bayyuaji.wordpress.com/2011/01/05/definisi-new-media-beserta-manfaat-dan-aplikasinya/

http://naromacan.blogspot.com/2011/11/perkemabangandampakdan-macam-macam-new.html?m=1

http://bdn-cyberlinkart.blogspot.com/2013/04/pengertian-google-glass-project.html?m=1

http://i-started.blogspot.com/2013-01-universitas-gunadarma-penulisan-ilmiah.html?m=1

 

 

 

Leave a comment