Perusahaan-Perusahaan yang Menyediakan Layanan Cloud Computing

Perusahaan-perusahaan yang Menyediakan Layanan Cloud Computing

 

Cloud computing

Cloud computing, Komputasi awan adalah gabungan pemanfaatan teknologi komputer (‘komputasi’) dan pengembangan berbasis internet (‘awan’). Awan (cloud) adalah metafora dari internet, sebagaimana awan yang sering digambarkan di diagram jaringan komputer. Sebagaimana awan dalam diagram jaringan komputer tersebut, awan (cloud)dalam Cloud Computing juga merupakan abstraksi dari infrastruktur kompleks yang disembunyikannya. Ia adalah suatu metoda komputasi di mana kapabilitas terkait teknologi informasi disajikan sebagai suatu layanan (as a service),  sehingga pengguna dapat mengaksesnya lewat Internet (“di dalam awan”)  tanpa mengetahui apa yang ada didalamnya, ahli dengannya, atau memiliki kendali terhadap infrastruktur teknologi yang membantunya. Menurut sebuah makalah tahun 2008 yang dipublikasi IEEE Internet Computing “Cloud Computing adalah suatu paradigma di mana informasi secara permanen tersimpan di server di internet dan tersimpan secara sementara di komputer pengguna (client) termasuk di dalamnya adalah desktop, komputer tablet, notebook, komputer tembok, handheld, sensor-sensor, monitor dan lain-lain.

Komputasi awan adalah suatu konsep umum yang mencakup SaaSWeb 2.0, dan tren teknologi terbaru lain yang dikenal luas, dengan tema umum berupa ketergantungan terhadap Internet untuk memberikan kebutuhan komputasi pengguna. Sebagai contoh, Google Apps menyediakan aplikasi bisnis umum secara daring yang diakses melalui suatu penjelajah webdengan perangkat lunak dan data yang tersimpan di server. Komputasi awan saat ini merupakan trend teknologi terbaru, dan contoh bentuk pengembangan dari teknologi Cloud Computing ini adalah iCloud.

Layanan Komputasi Awan

  1. Infrastructure as a Service (IaaS)

Infrastructure as a Service adalah layanan komputasi awan yang menyediakan infrastruktur IT berupa CPU, RAM, storage, bandwith dan konfigurasi lain. Komponen-komponen tersebut digunakan untuk membangun komputer virtual. Komputer virtual dapat diinstal sistem operasi dan aplikasi sesuai kebutuhan. Keuntungan layanan IaaS ini adalah tidak perlu membeli komputer fisik sehingga lebih menghemat biaya. Konfigurasi komputer virtual juga bisa diubah sesuai kebutuhan. Misalkan saat storage hampir penuh, storage bisa ditambah dengan segera. Perusahaan yang menyediakan IaaS adalah Amazon EC2, TelkomCloud dan BizNetCloud.

  1. Platform as a Service (PaaS)

Platform as a Service adalah layanan yang menyediakan computing platform. Biasanya sudah terdapat sistem operasi, database, web server dan framework aplikasi agar dapat menjalankan aplikasi yang telah dibuat. Perusahaan yang menyediakan layanan tersebutlah yang bertanggung jawab dalam pemeliharaan computing platform ini. Keuntungan layanan PaaS ini bagi pengembang adalah mereka bisa fokus pada aplikasi yang mereka buat tanpa memikirkan tentang pemeliharaan dari computing platform. Contoh penyedia layanan PaaS adalah Amazon Web Service dan Windows Azure.

  1. Software as a Service (SaaS)

Software as a Service adalah layanan komputasi awan dimana kita bisa langsung menggunakan aplikasi yang telah disediakan. Penyedia layanan mengelola infrastruktur dan platform yang menjalankan aplikasi tersebut. Contoh layanan aplikasi email yaitu gmail, yahoo dan outlook sedangkan contoh aplikasi media sosial adalah twitter, facebook dan google+. Keuntungan dari layanan ini adalah pengguna tidak perlu membeli lisensi untuk mengakses aplikasi tersebut. Pengguna hanya membutuhkan perangkat klien komputasi awan yang terhubung ke internet. Ada juga aplikasi yang mengharuskan pengguna untuk berlangganan agar bisa mengakses aplikasi yaitu Office 365 dan Adobe Creative Cloud.

 

Contoh perushaan yang menyediakan layanan cloud computing, antara lain Telkom untuk perushaan lokal di Indonesia dan Amazan untuk perushaan asing di luar Negeri.

  • TELKOM

Cloud Computing atau komputasi awan merupakan sebuah solusi layanan penyimpanan data yang kian marak digunakan oleh perusahaan-perusahaan di dunia dan di Indonesia. Salah satu perusahaan yang fokus pada pelayanan Cloud Computing adalah yaitu PT. Telkom. dengan website http://www.telkom.co.id/.

Telkom menetapkan TelkomCloud Computing sebagai salah satu layanan unggulan dari empat area pertumbuhan Telkom yang diharapkan dapat meningkatkan revenue portofolio information Telkom. Telkom Cloud Computing merupakan payung bagi layanan-layanan Cloud Computing yakni TelkomVPS dan TelkomCollaboration yang ditujukan untuk pelanggan usaha kecil dan menengah.

TelkomVPS adalah sebuah layanan yang memungkinkan pelanggan untuk memiliki server Windows Server 2008 secara virtual ‘virtual private server’,  di mana pelanggan dapat menginstal aplikasi, melakukan partisi, melakukan reboot selayaknya dedicated server sesuai dengan kebutuhannya.

Layanan TelkomVPS, memberikan layanan yang memiliki sistem keamanan secara menyeluruh terhadap sistem yang dipergunakan:

  1. Teknologi SSL (Secure Socket Layer) dengan digital certificate resmi “Digicert” 256 bit (dikenal secara default oleh Browser).
  2. Microsoft Server Firewall 2008
  3. Konfigurasi dua area: Internal dan DMZ (Demiliterized Zone) yang memisahkan data secara internal dengan akses only melalui firewall

Adapun fitur-fitur dan teknologi dari layanan yang disediakan oleh perushaan Telkom:

Fitur VPS:

  • Sistem Operasi Windows Server 2008 Web Edition dan atau Standard Edition
  • Kemampuan reboot secara independent.
  • Dapat di-manage dengan remote desktop.
  • Mempunyai aplikasi-aplikasi & file system sendiri.
  • Berfungsi selayaknya dedicated server.
  • System redundant untuk meningkatkan availability.
  • Database MS SQL Server 2008.
  • Dedicated Static Public IP Address.
  • Kapasitas Bandwidth kecepatan tinggi.

Fitur Kolaborasi dan sharepoint:

  • Instant Messaging dengan jaminan keamanan melalui jaringan internet corporate, dilengkapi dengan IM Text yang terenkripsi.
  • Office Communicator (release terbaru/automatic update).
  • Dapat diakses melalui Communicator Web Access.
  • Terintegrasi dengan aplikasi Microsoft Office dan Microsoft Outlook.
  • Fasilitas untuk mengenali dan menampilkan kehadiran user lain dalam network.
  • Desktop sharing dan Instant Messaging.
  • Transfer File antar PC.
  • Messaging dengan Rich Content (Voice/Video Call and Conferencing & Presence).
  • Single sign on dengan Hosted Exchange Mail.
  • Pengorganisasian document didalam beberapa document library dan kemampuan control versi document, wiki, serta blog.
  • Tersedia beberapa fungsionalitas seperti halnya workflow, to-do list, alert dan forum.
  • Sharepoint.
  • Terintegrasi dengan aplikasi Microsoft Office, seperti halnya kemampuan manajemen.
  • Proyek dengan menggunakan Microsoft Project Server.
  • Kemampuan untuk menampilkan form yang dibuat dengan Microsoft Office InfoPath.
  • Dengan hanya menggunakan sebuah penjelajah web.

Fitur Konektifitas dan Integrasi dengan aplikasi:

  • Access anywhere dengan VPN IP (untuk private cloud) atau Speedy (untuk public cloud).
  • Pelanggan dapat mengintegrasikan aplikasi SaaS eksisting (yang dibangun berbasis Windows baik aplikasi web ataupun client-server) kedalam layanan TELKOMG-Cloud.

Teknologi yang di Sediakan:

  • Thin microkernelized hypervisor architecture yang mempunyai layering sehingga layer device driver terpisah dari inti kernel Hyper-V. Dengan demikian semua device driver yang didukung Windows Server, akan didukung pula dengan TelkomVPS;
  • Strong isolation yang memungkinkan tingkat isolasi yang sangat tinggi antar VM (Virtual Machine);
  • Kecepatan proses meningkat karana arsitektur Hyper-V yang lightweight, low-overhead virtualization;
  • Mendukung prosesor Multi-core  sehingga tiap VM dapat menggunakan 4 logical processor;.
  • Mendukung Enhanced 64-bit operating systems dan akses memori yang besar s.d. 64 GB per VM;
  • Secure Multi Tenant
  • Secure Multi Tenant menyediakan secure separation yang menjamin data pelanggan diproteksi, diisolasi, dan dipisahkan dari data pelanggan lainnya. Fitur ini juga mencegah terhadap kehilangan data, modifikasi data, pihak yang tidak memiliki otoritas mengakses data, dan serangan terhadap data.

TelkomCollaboration adalah sebuah solusi kolaborasi terintegrasi yang mencakup fitur exchange email; instant messaging, conferencing (voice call &video call), desktop sharing dan Sharepoint. Semua fungsi tersebut didelivery pada standard enterprise sehingga secure, full backup, data historis dan single ID yang dapat diakses darimana saja dengan berbagai terminal (termasuk mobile).

TelkomCollaboration merupakan layanan hosted Microsoft Exchange Server, Microsoft Office Communication Server (OCS) dan Microsoft Sharepoint. Layanan email ini memberikan kemudahan bagi pengguna untuk berkolaborasi karena bisa diakses dimanapun dan kapanpun. Layanan ini memberikan kemudahan bagi pengguna untuk berkolaborasi karena bisa diakses dimanapun dan kapanpun.

Beberapa layanan serta fitur-fitur yang disediakan oleh telkomCollaboration, antara lain:

 

  • Layanan Hosted Microsoft Exchange:

Layanan ini adalah  sebuah layanan aplikasi surat elektronik (e-mail) berbasis teknologi MS Exchange yang dapat digunakan tanpa harus berinvestasi  untuk menyiapkan server, sistem operasi dan aplikasi mail. Fitur yang dapat diperoleh antara lain calender, folder, task & daftar kontak yang selalu tersinkronisasi pada semua email client dan devices yang digunakan.

  • Layanan Hosted Office Communication Server (OCS):

Layanan ini adalah layanan aplikasi Office Colloboration seperti instan messaging, VoIP Call, Conferencing (text,audio, video), Video Call & Presence yang dapat digunakan perusahaan tanpa harus berinvestasi  untuk menyiapkan server, sistem operasi dan aplikasi.

Sistem keamanan di e-Collaboration, adalah :

  • Teknologi SSL (Secure Socket Layer) dengan digital certificate resmi “Digicert” 256 bit (dikenal secara default oleh Browser).
  • Microsoft Server Firewall 2008
  • MS Forefront Threat Management gateway 2010
  • MS Forefront Anti Spam 2010
  • MS ForefrontANTI VIRUS2010

Fitur Hosted MS Exchange:

  • Kapasitas mailbox 50 hingga 500 MB per user
  • Dapat diakses melalui Outlook mobile, Outlook web access & Microsoft Outlook
  • Gratis lisensi  Microsoft Outlook (release terbaru/automatic update)
  • Didukung dengan protokol MAPI, POP3 dan IMAP4
  • Shared & Synchronized Personal Callender, Contact, Task, Private Folder
  • Pendelegasian Tugas
  • Remote Wipe

Fitur Hosted Office Communication Server (OCS):

  • Instant Messaging dengan jaminan keamanan melalui jaringan internet corporate dilengkapi dengan IM Text yang terenkripsi.
  • Office Communicator (release terbaru/automatic update)
  • Dapat diakses melalui Communicator Web Access.
  • Terntegrasi dengan aplikasi Microsoft Office.
  • Fasilitas untuk mengenali dan menampilkan kehadiran user lain dalam network.
  • Desktop sharing dan Instant Messaging.
  • Transfer File antar PC.
  • Messaging dengan Rich Content (Voice/Video Call and Conferencing & Presence)
  • Single sign on dengan Hosted Exchange Mail.

Fitur Sharepoint Foundation 2010 sebagai portal Intranet perusahaan untuk:

  • Document Management
  • News Management
  • List dan Custom List
  • Calendaring
  • Group Sites
  • WorkFlows
  • Blogging
  • Search

 

Layanan TelkomCloud telah digunakan oleh lebih dari 60 perusahaan dari berbagai industri, dan sebagian besar berasal dari industri keuangan yang sangat mementingkan security terhadap pengelolaan data yang mereka miliki. “Sebagai upaya revitalisasi TelkomCloud,telah dilakukan pembenahan infrastruktur IT dan platform pendukung TelkomCloud,penambahan layanan dan bundling dengan layanan VPN Telkom sedemikian rupa sehinggalayanan TelkomCloud juga dapat dimanfaatkan untuk memenuhi kebutuhan pelanggan enterprise.

Layanan baru yang ditambahkan ke dalam portofolio Telkom antara lain: VPS (Virtual Private Server) non-windows, Storage as a Services (sebagai VAS dari VPS), vDataCenter (solusi Virtual Private Data Center), dan layanan WebEx (layanan Web conferencing/online meeting bermitra dengan Cisco). Melalui upaya revitalisasi ini, Telkom berharap dapat memulai perannya sebagai penyedia layanan Cloud Computing (Cloud Computing Service Provider) untuk pelanggan enterprise dan sekaligus UKM.

Layanan-layanan yang disediakan oleh perushaan telkom mengenai cloud computing menargetkan pada pasar teknologi modern secara umum, yang daat digunakan oleh orang banyak. Sasaran pasar perushaan telkom adalah para pelanggan enterprise dan UKM yang ada disekitar indonesia, layanan cloud computing yang diberikan diharapkan bisa menjadi suatu media bisnis online yang dapat membantu atau memajukan suatu perushaan.

Setelah membahas mengenai perushaan lokal yang menyediakan layanan cloud computing, selanjutnya pembahasan akan berlanjut mengenai perushaan luar negeri yang menyediakan layanan cloud computing.

  • AMAZON

Amazon Web Services adalah sekumpulan layanan-layanan berbasis Cloud Computing yang di sediakan oleh Amazon sejak tahun 2002. Meskipun salah satu perusahaan raksasa internet ini sering kita kenal untuk membeli buku dan lagu, namun sekarang Amazon telah menambah layanannya dalam hal infrastrutktur cloud computing. Amazon Web Services ini menyediakan layanan-layanan nya yang saling terintegrasi dan mudah kustomisasi. Pada tahun 2006, amazon mengenalkan Amazon’s Elastic Compute cloud (EC2) sebagai commercial web service yang menyediakan akses cloud kepada perusahaan dan individu untuk menyewa komputer storage yang bisa digunakan sebagai platform pengembangan aplikasi secara online, inilah awal dari IaaS, yaitu perusahaan yang menyediakan infrastruktur sebagai sebuah layanan.[2]

Ø  Manfaat Amazon Web Services

  1. Amazon Web Services menyediakan layananinfrastruktur kunci bisnis dunia yang bermanfaat untuk membangun bisnis perusahaan dan sebagai akses penawaran produk dari suatu perusahaan ke perusahaan lain.
  2. Amazon Web Services juga menyediakan layanan cloud computing sehingga pengguna dapat menyimpan data secara permanen di dalam server di internet.

Ø  Kelebihan Amazon Web Services

  1. Amazon Web Services menyediakan kontrol akses untuk memastikan topik dan pesan dijamin terhadap akses yang tidak sah
  2. Amazon Web Services dapat diakses di mana saja dan kapan saja.
  3. Efisiensi waktu dalam bisnis. Perusahaan-perusahan akan lebih dimudahkan dalam melakukan jual beli dengan menggunakan Amazon Web Services.

 

Ø  Layanan Komputasi

Layanan ini di khususkan untuk memberi infrastruktur untuk pengguna yang ingin menggunakan Amazon untuk melakukan komputasi seperti server atau clustered server. Di mana server-server tersebut disebut instance.

  • Amazon Elastic Compute Cloud (EC2)adalah platform komputasi berupa virtual computer yang dapat di kustomisasi maupun di kembangkan dengan menggunakan prinsip cluster dan load balance.
  • Amazon Elastic Map Reduceadalah layanan yang membantu dalam analisis data seperti data penjualan, data stock, data server log dan lain-lain. Yang kemudian data-data tersebut dapat di konversikan menjadi sebuah hasil analisis yang dapat digunakan dalam sistem pengambil keputusan.
  • Elastic Load Balancingadalah layanan yang menjadi satu paket dengan Amazon EC2, di mana layanan ini berfungsi untuk menyeimbangkan beban antara instance-instance yang kita miliki dalam Amazon EC2.

 

Ø  Layanan Penyimpanan

Layanan yang memberi infrastruktur untuk pengguna yang ingin menggunakan Amazon untuk melakukan penyimpanan. Layanan ini dapat digunakan oleh user sebagai mediabackup maupun Content Delivery Network (CDN).

  • Amazon Simple Storage Service (S3)adalah layanan media penyimpanan media internet. Amazon S3 dapat menjadi shared folder maupun Network Attached Storage.
  • Amazon Elastic Block Store (EBS)adalah tempat penyimpanan di sitem operasi Amazon EC2. EBS ini juga merupakan media yang disimpan diatas Amazon S3
  • AWS Storage Gatewayadalah layanan penyimpanan yang disediakan Amazon untuk perusahaan berskala besar.
  • Amazon CloudFrontadalah layanan untuk distribusi konten ke berbagai lokasi server Amazon.

 

Ø  Layanan Basis Data

Layanan ini di khususkan untuk basis data, di mana basis data kita tersebut disimpan di cloud, dan dapat di akses dari mana saja secara aman, cepat dan terpecaya.

  • Amazon Relational Database Service (RDS)adalah layanan server basis data di mana data dan server akan berada di cloud yang akan menjamin kualitas koneksi, kecepatan, keamanan dan kehandalan. Kita dapat memiliki aplikasi server yang kita mau seperti: MySQLOracle dan SQL
  • Amazon DynamoDBadalah layanan server basis data yang NoSQL dengan kualitas koneksi, kecepatan, keamanan dan juga mudah di setup dan konfigurasi.
  • Amazon SimpleDBadalah layanan server basis data yang NoSQL yang mirip dengan Amazon DynamoDB namun dengan skala yang lebih kecil.
  • Amazon ElastiCacheadalah layanan memory cache di atas cloud.

Layanan Jaringan

Layanan ini di khususkan untuk mengatur jaringan antara layanan-layanan yang di dalam cloud maupun di luar cloud.

  • Amazon Route 53adalah layanan untuk domain name server (DNS).
  • Amazon Virtual Private Cloud (VPC)adalah layanan untuk membuat private cloud dengan menggabungkan layanan-layanan yang ada dalam Amazon Web Services.

 

Ø  Layanan Aplikasi

Layanan aplikasi ini desediakan oleh Amazon untuk melengkapi layanan-layanan yang lainnya. Layanan-layanan ini seperti aplikasi pencarian, aplikasi notifikasi, aplikasi email server, aplikasi workflow.

  • Amazon CloudSearchadalah layanan untuk menggabungkan fungsi pencarian dari Amazon Cloud Search dengan aplikasi yang kita miliki.
  • Amazon Simple Workflow Service (SWF)adalah layanan alur kerja proses bisnis atau mengelola infratruktur cloud di dalam Amazon Web Service.
  • Amazon Simple Queue Service (SQS)adalah layanan yang menyediakan sistem antrian pesan/intruksi dari satu aplikasi ke aplikasi lainnya.
  • Amazon Simple Notification Service (SNS)adalah layanan yang menyerupai mailing list, di mana kita dapat melakukan notifikasi kepada klien, nasabah maupin pengguna-pengguna lainnya dengan mengirimkan Email dan SMS.
  • Amazon Simple Email Service (SES)adalah layanan Email yang memperbolehkan menggunakan email server cloud untuk mengirimkan email dengan aman dan cepat.

 

Ø  Metode Atau Implementasi Teknologi Amazon Web Services

Amazon.com sebelumnya lebih terkenal dengan toko buku online-nya. Meski demikian, beberapa tahun yang lalu (sekitar tahun 2005), Amazon mengembangkan dirinya menjadi AWS (Amazon Web Service) yang menyediakan layanan komputasi awan, di mana setiap fungsi yang ada di dalamnya bisa diakses dengan panggilan Web Service. Protokol-protokol Web Service yang digunakan adalah SOAP dan REST. Konsep yang sangat penting dalam Amazon Web Service (AWS) adalah instance. Menggunakan suatu teknik yang dinamakan sebagai virtualisasi, para pengguna bisa melakukan pengembangan aplikasinya di atas berbagai perangkat keras dengan cara yang serupa dengan saat pengembangan aplikasi dilakukan pada sebuah mesin tunggal.

 

  • Kesimpulan

Perushaan yang menyediakan layanan cloud komputing diindonesia tidak kalah saing dengan perushaan asing, meski dari segi teknologi dan layanan perushaan amazon lebih banyak dan bervariasi, tapi perushaan telkom juga bisa mengimbangi perkembangan teknologi tersebut. Telkom sangat bagus dalam layanan cloud komputing dalam bidang komunikasi, dan amazon unggul dalam bidang penyediaan web service basis data serta penyediaan platform, jadi setiap perushaan tentunya mempunyai kelebihan dan kekurangan tersendiri dan mempunyai keunggulan dalam suatu bidang tertentu.

Demikianlah penjelasan mengenai  perushaan cloud computing, apabila terdapat kekurangan dalam penjelasan mohon dimaafkan.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Sumber:

 

 

 

Leave a comment